Rabu, 30 Oktober 2013

Jangan Tolak Investasi Asing, Tapi Pintarlah Memilih


Indonesia menjadi target produk asing karena memiliki pangsa pasar yang besar. Pemerintah harus lebih melihat hal-hal apa saja yang bisa dilindungi dari keterlibatan asing yang masuk ke Indonesia.
"Jadi harus pintar memilih, namun kita tidak bisa menutup dari sektor investasi asing, tapi kita lebih berpikir agar produk kita bisa lebih unggul dari pihak lain," tegas Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Chris Kanter di Jakarta, Jumat (25/10/2013).
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengakui tantangan liberalisasi perdagangan yang tertuang dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) harus diantisipasi Indonesia dengan sebaik mungkin, khususnya mengembangkan produk lokal agar bisa bersaing.
Analisis :
Jika ada antisipasi khusus dari Indonesia, maka tidak menjadi boomerang bagi industri lokal. Sehingga, diharapkan juga memberi kekuatan bagi daya tarik domestik dalam membuat perusahaan lokal tumbuh berkembang dengan cepat.
Tanggapan :
Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5%, Indonesia bukan hanya sebagai pangsa pasar saja, tapi bisa sebagai tempat basis produksi yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar