Rabu, 30 Oktober 2013

TUGAS 2


Kualitas karya tulis dibedakan menjadi dua aspek yaitu :
  1. Topik yang menarik
  2. Mudah dipahami oleh pembaca
Karya ilmiah yang kita tulis tentu saja diharapkan dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca yang dituju. Kalau karya tulis ilmiah tersebut berupa skripsi atau tugas akhir, kita berharap dosen pembimbing kita dapat membaca dan memahami skripsi kita itu. Lebih lanjut, dengan pemahaman yang tepat terhadap apa yang kita tuliskan, kita akan memperoleh masukan atau penilaian yang sesuai dengan isi tulisan kita. Jelaslah bahwa karya tulis yang mudah dipahami oleh pembaca yang dituju merupakan kunci dalam penulisan. Oleh karena itu, psikologi bagaimana pembaca memahami tulisan merupakan pengetahuan yang penting bagi penulis.

.    Pengertian topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel. Topik harus mampu mencakup keseluruhan isi tulisan.

1. Topik yang menarik

Topik harus menarik, artinya mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca, pembahasannya tidak terlalu luas juga tidak terlalu sempit untuk dikembangkan. Topik yang menarik dan unik pastinya tentu akan menarik orang untuk membaca. Topik yang menarik merupakan aspek yang penting dalam menulis karya ilmiah. Dan topik yang menarik dapat menunjukkan kualitas dalam karya ilmiah. Oleh karena itu ketika kita hendak menulis suatu Karya ilmiah, hendaknya kita memikirkan topik yang menarik dan membuat orang tertarik dengan topik yang kita buat. Pemilihan sebuah topik dalam skrispsi maupun Tulisan Ilmiah cenderung  dengan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini yang menimbulkan rasa ingin keingintahuan pembaca,penjelasannya tidak terlalu luas juga tidak terlalu sempit untuk dikembangkan. Pemilihan topik sudah pasti banyak mengundang niat masyarakat untuk membaca. Pada topik tersebut harus mengandung unsur edukasi. Sehingga masyarakat di didik untuk mengembangkan dan menelaahnya.

2. Mudah dipahami oleh pembaca


Agar tulisan mudah dipahami, penulis harus menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Penjelasannya tidak terlalu berbelit-belit, melainkan singkat padat dan jelas. Dapat dipahami oleh semua kalangan yang membacanya. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak sehingga dapat membuat bosan pembacanya. Sebaiknya gunakan kombinasi gambar dan warna dalam setiap penulisan

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar